Genshiken Staff Training 2018: Selayang Pandang Tiga Hari Pertama

by admin | Published 22 Oktober 2018


Genshiken Staff Training atau disingkat GST adalah acara penerimaan anggota baru Genshiken ITB. Tahun ini, GST diketuai oleh Jonathan Tjandra (G '16), dan bertemakan sekte.

Hari pertama rangkaian GST dilaksanakan pada 8 September 2018 di selasar tengah gedung Mekanika Tanah ITB. Acara dipandu oleh Iqbal dan Harvi dari G ’17, dan dimulai oleh sambutan dari ketua .Genshiken periode 2018/19, Thomas (G '16, FT ’16). Selain memberikan sambutan, ketua juga memberi penjelasan singkat sejarah Genshiken ITB, Genfest, atribut, dan kepengurusan Genshiken ITB.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan dan penjelasan divisi-divisi karya oleh masing-masing kepala divisi. Setiap kadiv menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukan dan karya apa saja yang sudah dihasilkan dalam divisi tersebut. Dilihat dari antusiasme, divisi Illustrasi memiliki peminat terbanyak diantara ca-staff hari itu.

Acara ketiga adalah pemaparan materi apresiasi karya. ca-staff dibagi menjadi kelompok untuk mengulas karya hasil staff Genshiken. Dari semua karya, game dan VN lah yang paling diminati.

Pada akhir acara, diberikan hukuman bagi para staff maupun ca-staff yang terlambat di hari itu, yaitu meniru pose Gundam NT seperti di gambar. Teaser hari kedua GST juga ditunjukkan (beserta tugas-tugas yang menyertai)

Hari kedua GST dilaksanakan pada 15 September 2018. Acara dibuka oleh kedua MC lalu dilanjutkan dengan pengenalan dan tanya jawab divisi non-karya oleh ketua divisi masing-masing.

Setelah pengenalan, para ca-staff dibagi ke enam kelompok besar dan mengikuti Amazing Race divisi karya Genshiken. Ca-staff akan dibawa mengelilingi enam pos yang tersebar di sekeliling ITB dan mewakili keenam divisi karya Genshiken.

Dalam pos divisi ilustrasi di depan PAU, ca-staff awalnya diberi sedikit materi mengenai seni dan illustrasi. Lalu ca-staff menggambar tiga gambar yang sama dengan waktu yang berbeda untuk menunjukan pentingnya waktu untuk kualitas. Di pos divisi story di selasar perpustakaan pusat, ca-staff mengikuti story jam. Setiap ca-staff menulis satu kalimat tertentu di selembar kertas lalu menyerahkannya ke teman sebelahnya yang melanjutkan tulisan itu. Hal ini diulangi hingga seluruh ca-staff telah menulis dalam setidaknya dua putaran kertas. Lalu ca-staff diminta untuk membaca cerita yang ada di kertas mereka.

Di pos divisi game di taman CAS, ca-staff diajak membuat rancangan game dan bermain game kecil. Game yang dimainkan adalah game mencari kartu. Di pos divisi pengembangan di Mektan, ca-staff diajak untuk membuat animasi MMD (MikuMikuDance) dengan menggunakan kinect yang dapat membaca gerakan mereka, Mayoritas ca-staff memilih Sagiri Izumi untuk model karakter MMD mereka.

Di pos divisi musik di DPR timur, para ca-staff diajak untuk mengikuti music jam dan mencoba membuat lagu digital di FL Studio. Di pos divisi cosplay di DPR barat, ca-staff diajak untuk membuat helm abad pertengahan dari bahan EVA foam atau sering disebut busa hati. Untuk helm terbaik, kelompok ca-staff pembuatnya diberi hadiah. Setelah menyelesaikan semua pos, ca-staff dikumpulkan lagi di selasar tengah Mektan untuk penutupan dan pemberian tugas.

Hari ketiga GST dilaksanakan pada 22 September 2018. Acara pertama untuk GST day 3 adalah quiz KeGenshikenan. Ca-staff diminta menjawab bermacam-macam pertanyaan mulai dari nama ketua sekarang sampai tahun dibuatnya Big Mac. Jawaban-jawaban yang masuk kemudian dibahas di tempat.

Acara berikutnya adalah talkshow kekaryaan. Talkshow bertujuan untuk memberi semangat bagi para ca-staff untuk berkarya dengan cara mendatangkan anggota Genshiken yang karyanya sudah terkenal. Pembicara yang didatangkan untuk talkshow kali ini adalah Dewi G'13, Rafi G' 14, dan Ginanjar G'15. Ketiga pemb   icara bercerita tentang karya yang telah mereka buat, alasan kenapa mereka membuat karya tersebut, motivasi mereka, saran, dan lain-lain. Setelah talkshow dan isoma, para ca-staff diberikan materi manajemen proyek dan waktu.

Untuk menutup rangkaian acara hari ketiga, diadakan pembagian kelompok Tugas Asyik untuk para calon staff. Di tugas ini, mereka diminta membuat karya secara berkelompok selama waktu yang ditentukan. Hasil-hasil karya yang ada akan dipamerkan pada hari selanjutnya.

Akhir kata, sampai jumpa lagi di Pameran Tugas Asyik!

oleh: Qiston (G '17)

← Kembali ke Artikel

Ayo join Genshiken Town Square!

Jangan sampe ketinggalan info terbaru dari Genshiken 😊