[REVIEW] Tensei shitara Slime Datta Ken Movie: Guren no Kizuna-hen

by garpit | Published 31 Juli 2023


[REVIEW] Tensei shitara Slime Datta Ken Movie: Guren no Kizuna-hen

Sinopsis

Di Raja, sebuah negara kecil yang terletak di sebelah barat Tempest. Rimuru dan teman-temannya terlibat dalam konspirasi jangka panjang yang berputar di sekitar kekuatan misterius sang ratu. Rimuru dan komandannya Benimaru juga bertemu dengan seorang ogre yang selamat bernama Hiiro, seorang pria yang dulunya adalah saudara laki-laki Benimaru.

  1. Singkat

Tensei shitara Slime Datta Ken atau yang sering dikenal sebagai Tensura ini pasti sudah banyak dikenali oleh kebanyakan orang. Ketenarannya yang bisa dikatakan sukses sebagai anime isekai dengan pemeran utamanya adalah seorang slime. Di sisi lain juga kita bisa menikmati world building Tensura yang relatif adem dan tenang. Ditambah juga dengan kelakuan Rimuru selaku main character dan manasnya Raphael yang lucu dan menggemaskan.

Cerita ini adalah spin-off dari seri Tensura, sehingga seharusnya tidak akan mempengaruhi plot dari cerita utamanya. Namun, di movie ini cukup banyak menunjukkan easter egg dan beberapa spoiler untuk season selanjutnya.

Dan intinya pada cerita ini lebih menunjukkan pada suatu kerajaan yang sedang mengalami musibah dan ditolong oleh Rimuru serta beberapa bawahannya. Dengan kekuatan yang sudah pasti diketahui, benar Overpower, kita bisa dipuaskan dengan efek Woahhh! dari berbagai macam skill yang ditunjukkan di sana.

  1. Cerita

Rate: [8/10]

Dari segi ini, plotnya cukup enjoyable bagi beberapa orang yang memang ingin menonton demi cari santainya saja. Namun, bagi beberapa yang bisa dibilang hobi menganalisis plot akan melahirkan banyak kebingungan.

Tetapi jika ditanya, “Apakah masih bisa dimengerti jika tidak membaca Light Novel (LN)/Web Novel (WN)?”. Jawabannya adalah ya, bisa banget. Hanya saja akan melewati beberapa vibes yang hanya bisa dimengerti dan dirasakan jika sudah tahu plot dari LN-nya.

Lalu, “Apakah bisa ditonton jika tidak anime seriesnya?” Tetap bisa, namun tetap disarankan untuk tonton terlebih dahulu animenya (Penting Banget) karena pada movienya dunia Tensura tidak lagi dijelaskan secara rinci seperti pada animenya. Hanya diceritakan beberapa kejadian sebelumnya (yang ada pada season 1 dan 2 anime seriesnya) yang dijelaskan dan itupun sangatlah singkat.

Mungkin bagi benar-benar penikmat Tensura akan sedikit kecewa karena tidak banyak yang muncul seperti yang dibayangkan. Lebih memang untuk cerita spin-off yang di mana bukan Rimuru pemeran utamanya. Memang itulah poin penting dari spin-off, sehingga jangan berekspetasi tinggi terhadap action-action Rimuru.

Dan untuk seukuran spin-off movie yang memang ditarik bukan dari main story-nya cukup bagus dan intinya masih bisa dirasakan. Hanya saja penulis sedikit khawatir karena ada beberapa adegan yang mungkin bisa dimengerti dan dinikmati jika bermain _game (_Isekai Memories) atau mengikuti LN-nya.

  1. Sound and Music

Rate: [8,5/10]

Dari setiap kejadian yang ada bgm dan musiknya cocok banget. Ditambah dengan suara efek yang khas dari Tensura di saat pengaktifan skillnya. Dari pendengaran penulis di sini, Sound Effect terasa lebih hidup dan juga memberikan efek “Wow!” yang lebih, mungkin karena ini adalah movie.

Musik di sini juga berperan penting dalam pembangunan suasanan ceritanya. Memudahkan para penonton untuk mengetahui apakah ini sedang tensi bercanda atau serius.

Dan ada satu adegan yang penulis ingin tarik lebih dalam, yaitu saat Violet melawan Diablo. Skill “Nihilistic Vanish” yang penulis pernah lihat dan dengar pada gamenya sedikit berbeda dengan yang ada saat di anime. Suara yang diberikan tidak seheboh pada digame, kemungkinan di-adjust agar tidak ‘merusak telinga’.

Selain itu, Voice Acting dari Violet sangat menggoda. [9999999/10]

  1. Visual

Rate: [9,5/10]

Pada segi visual, cukup dibuat terkejut karena benar-benar di atas ekspetasi. Di anime seriesnya memang terdapat perkembangan visual dari musim ke-1 ke musim ke-2. Dan pada movienya, kita benar-benar akan dibuat takjub dengan adegan yang bahkan di luar nalar indahnya. Bisa dibilang, setiap frame di sini bisa di*-screenshot* untuk dijadikan sebagai wallpaper karena saking bagusnya.

Pada setiap adegan action pun terdapat Visual Effect yang sudah familiar jika menonton animenya. Namun, visual effect ini benar-benar berkembang dan terlihat lebih keren lagi. Seperti skill ‘Beelzebub’ milik Rimuru atau skill ‘Ogre Flame’

Singkatnya pada movie ini, para penonton akan dimanjakan dengan visual-visual yang luar biasa. Jujur saja, tidak akan membuat bosan untuk ditonton berkali-kali.

  1. Violet (Spoiler)

Rate: [Uwoghhhhhh/10]

Bagian ini sebenarnya penting sekali, terutama bagi kalian yang langsung menjadikan Violet sebagai waifu baru kalian.

Violet ini adalah salah satu dari tujuh Primordial Demon yang terdapat di dunia Tensura. Jika di-recall kembali, primordial yang sudah ada di animenya dan berada di dunianya yaitu Guy Crimson (Rouge), Diablo (Noir), Rain (Bleu), dan Misery (Vert). Dan masih terdapat ketiga lainnya, Violet, Blanc, dan Jaune.

Pada movie ini, sempat dibahas bahwa Violet melakukan semua tersebut demi bisa berinkarnasi dengan menggunakan tubuh ratu yang sekarang (Towa) atau setelah atau setelahnya lagi. Sebenarnya itu bukanlah masalahnya.

Pada adegan di atas, Diablo bertanya “Apakah itu kesepakatan yang sah?” Sejujurnya hal ini bisa merujuk pada beberapa kesepakatan sekaligus. Termasuk kesepakatan Violet dengan ratu Raja, dengan bawahannya, atau pun dengan primordial lainnya.

Tidak dijelaskan pada movie ini, bahwa Violet membuat permainan lain dengan dua primordial lainnya yaitu Jaune dan Blanc.

Hal ini hanya bisa diketahui jika kita memainkan game Isekai Memories atau membaca LN-nya. Dan sedikit kecewa, yang ada pada game atau pun informasi tambahan yang seharusnya diketahui penonton tidak dijelaskan lebih lanjut. Mungkin konsiderasinya adalah hal ini akan memberikan spoiler yang cukup jauh bagi penikmat anime.

Kalau kalian malas bermain gamenya tapi penasaran apa sih yang diceritakan Violet. Bisa tonton di link ini:

Cukup pada permasalahan di atas, penulis ingin mencoba menilai kepribadian dari Violet ini. Dari yang penulis tahu, Violet adalah seseorang yang sangat menikmati jika melihat orang lain menderita dan ini benar-benar dieksekusi dengan baik pada animenya. Meskipun agak dibuat terkejut dengan sifatnya pada bagian akhir movienya.

Penulis menyukai karakter desain dari Violet bahkan dari sejak membaca LN-nya. Hal ini disebabkan dia memiliki tubuh lolita dengan sifatnya yang sadis pula. Sesuatu kombo yang mungkin agak sulit dicari dengan kepribadian yang benar-benar pas.

  1. Overall

Menurut penulis, sebaiknya jangan berekspetasi tinggi pada movie ini agar tidak jatuh terlalu tinggi harapannya. Movie ini tidak diperuntukkan untuk kalian yang benar-benar berpikir bahwa ceritanya akan berhubungan dengan Main Story-nya. Pendapat penulis sendiri, movie ini disajikan agar untuk kelanjutan dari Season 3 Tensura akan mendapat perhatian lebih lagi.

Namun, sangat disarankan untuk ditonton jika ingin mencari sensasi yang berbeda dari Tensura pada series. Karena kalian akan bertemu dengan abang Diablo memamerkan namanya dan juga kekuatannya. Serta kalian bisa melihat salah satu primordial demon debut. Selain itu juga, musik, visualisasi, dan efek yang ada pada movie ini juga sangat memanjakan mata dan membuat adem hati. Wajib ditonton bagi kalian yang tidak terlalu mementingkan plot cerita utama pada Tensura.

Anime ini sendiri sudah tersedia di mana-mana: iQIYI, AniDB, ANN, dll.

Penilaian akhir pada Movie ini adalah

[7,2/10]

Sumber gambar: Reddit, Game (Isekai Memories), Anime.

← Kembali ke Artikel

Ayo join Genshiken Town Square!

Jangan sampe ketinggalan info terbaru dari Genshiken 😊