[Review VN] Hoshizora no Memoria -Wish Upon a Shooting Star-

by admin | Published 15 Maret 2023


Langit berbintang. Mungkin suatu pemandangan yang semakin sulit untuk kita lihat seiring perkembangan menuju peradaban modern. Kehidupan penuh dengan teknologi membuat kita senantiasa tertunduk melihat dunia maya yang hanya sebatas bentuk visualisasi data digital. Kita melupakan keberadaan sesuatu yang lebih indah dibalik awan dan kabut asap, yang nampaknya lebih nyata dan memiliki banyak cerita yang bahkan tidak sampai 1% telah kita eksplorasi.

Langit berbintang mungkin hanyalah suatu pandangan yang sudah mulai kita lupakan keindahannya. Lautan polusi cahaya yang senantiasa menutupi rahasia-rahasia langit membuat kita lupa bahwa ada cerita yang lebih luas dibanding tanah lapang ini.

Namun, saat kita melihat langit berbintang yang sama, apakah langit memiliki rahasia untuk kita?

Hoshizora no Memoria -Wish upon a shooting star-

VNDB : https://vndb.org/v1474

Developer : FAVORITE

Genre : Nakige, Romance, Supernatural

Sebuah visual novel besutan FAVORITE yang menjadi karya pertama dari studio ini dengan durasi "Very Long". Judul ini kerap menjadi salah satu jalan atau rekomendasi orang-orang terhadap orang awam yang ingin mencoba memainkan visual novel dengan genre Moege atau Nakige, secara cerita dan art style yang dibawa oleh VN ini menjadi salah dua dari sekian faktor yang menjadi daya tarik khusus untuk judul ini. Adanya translasi ke bahasa Inggris membuat VN ini sudah mendapat eksposur ke pemain mancanegara, dan juga dapat dijumpai di Steam.

Cerita berpusat pada protagonis kita, Kogasaka You, dengan perjalanan untuk mencari seseorang yang dia cintai semasa kecil. Sebuah cerita yang berawal dari kota kecil bernama Hibarigasaki, di mana You kembali setelah kematian mendiang ibunya. Prolog dimulai dengan deklarasi dari protag sendiri atas seberapa dalam cintanya, diikuti dengan keinginan untuk terus mencari keberadaannya. Saat mencoba untuk mengingat kembali masa lalu, You mengunjungi tempat observasi di puncak bukit. Di sana You bertemu dengan sesosok "shinigami" bernama Mare, yang menyatakan bahwa perasaan You, rasa cinta You, pada dasarnya tidak penting. Mare lalu merebut ingatan (dan kenangan) You mengenai cinta masa mudanya. You yang tidak terima pun memutuskan bahwa dia akan senantiasa mencari informasi agar bisa bertemu dengan sosok yang ia cintai semasa kecilnya.

Secara umum, terdapat 5 heroine, membuat ada 5 rute yang dapat... harus dilalui oleh pemain untuk menamatkan VN ini. Setiap rute tentunya memiliki ceritanya masing-masing, dan cukup bisa memenuhi genre-genre / trope heroine yang menjadi preferensi setiap pemain. Namun secara lengkap terdapat satu rute "True Route" dan satu rute tambahan. Pemain perlu untuk menyelesaikan kelima rute yang ada sebelumnya (dengan jatuh bangun) agar bisa membuka "True Route" ini.

VN ini memiliki predikat durasi "Very Long" dengan rata-rata durasi 59 jam. Tapi penulis sendiri yakin bahwa sudah lebih dari 100 jam memainkan dan masih tersisa beberapa rute lagi. Pertama kalinya juga penulis mencoba genre Nakige, yang tentunya dengan prasangka bahwa "ah masa sih game bisa bikin nangis".

Sebagai peringatan, visual novel pabrikan FAVORITE tidak akan pernah main-main dengan genre Nakige-nya.

Bagian di bawah ini sudah memuat spoiler, jadi silahkan baca dengan resiko sendiri.

Spoiler-ish content ahead

Baiklah, mungkin saya mulai dulu dengan overall experience dari VN ini. Menjadi VN bergenre Nakige yang pertama kali saya mainkan, saya sepenuhnya tidak memiliki persiapan apapun ataupun referensi apapun mengenai seberapa besar emotional damage yang disajikan pada judul ini. Terlebih dari hal-hal yang disajikan pada common route yang nuansanya mengarah ke slice-of-life dan komedi membuat saya tidak merasakan adanya hal yang janggal.

Mungkin itulah kenyataan pahit yang berada di balik keseharian yang kita lihat. Kita hanya melihat orang-orang dengan topeng senyuman yang senantiasa mereka tampilkan, menyembunyikan dunia lain dan kebohongan lain yang hanya bisa ditampakkan kepada diri sendiri sahaja.

Konflik pada common route mulai terasa setelah You telah mulai akrab dengan seluruh heroine yang ada, dan hal-hal mulai bergesekan antar heroine tersebut. Takdir yang unik mempertemukan mereka dalam suatu pertunjukan yang penuh gejolak emosi di bawah panggung langit berbintang.

Mari kita mulai dari setiap heroine yang ada.

Minahoshi Asuho

Sosok periang yang cukup cerewet, namun sangat friendly sehingga menjadi salah satu teman pertama You semasa bersekolah. Tentu saja membawa trope genki girl yang langsung memikat mereka yang tertarik dengan gadis periang. Asuho bekerja sebagai waitress di cafe yang dimiliki ayahnya, dan tentu saja sembari mengenakan pakaian maid. Better to thanks her dad for his preference, right?

Asuho memiliki peran penting sebagai seseorang yang juga sekelas dengan You semasa SD. Peran dari Asuho juga tidak hanya sebatas pada rutenya saja sehingga mengutip apa yang teman saya katakan, "__Asuho deserves better". Mungkin rasanya membuat rutenya cukup underwhelming karena rasanya masih bisa lebih lagi, tapi rasanya Asuho sudah cukup baik menjadi seorang sahabat dan teman dekat.

Hisakaki Komomo

Atau Mokomoko. Tentunya anda butuh relasi orang dalam di OSIS, dan Komomo adalah salah satunya. Sosok yang tegas, cukup jutek, dan mungkin cukup menjengkelkan di awal cerita. Berasal dari keluarga yang menjalankan... memiliki?... sebuah kuil ibadah agama Shinto (Jinja). Namun tentu saja trope ini adalah trope umum tipe-tipe yang akan menjadi tsundere berat saat sudah luluh lantaran cinta. Terlebih saat mendapati Komomo dalam pakaian miko-nya. It's hard to get her, but it's all worth it.

Sebagai seorang anggota OSIS, mungkin peran Komomo hanya sejauh menjadi messenger antara OSIS dan klub astronomi yang You juga ikuti. Tapi cerita yang sebenarnya berada di kehidupannya sebagai seorang miko dan segala hal yang berkaitan dengannya. Komomo adalah salah satu heroine yang substansial dalam membangun seluruh potongan cerita yang ada pada judul ini.

Hisakaki Kosame

Adalah saudara kembar dari Komomo. Tentu saja juga dapat ditemui sedang mengenakan pakaian miko. Walaupun kembar dengan Komomo, kepribadian Kosame lebih mudah untuk diajak bicara dan secara umum lebih friendly dari Komomo. Mungkin sedikit lebih strict dalam artian Kosame senantiasa membatasi seberapa jauh percakapan ke hal personal yang bisa didiskusikan. Dan mungkin sedikit lebih sadistic dari kelihatannya. Namun dikarenakan dirinya sangat sayang dengan Komomo, anda akan senantiasa melihat momen-momen skinship dengan Komomo seiring waktu berjalan.

Kosame memiliki cerita yang lebih berat dari apa yang bisa dilihat. Prekondisi untuk menyelesaikan rute Komomo terlebih dahulu membuat cerita yang dimiliki olehnya lebih kompleks. Rutenya membuat diri bertanya-tanya dan lebih mengapresiasi diri sendiri. On personal experience, rute Kosame perlu untuk dijalani dengan sedikit lebih banyak fokus. But it's a great experience, nonetheless.

Isuzu Aoi

Tetangga dari You yang sering ditemui bersama adiknya. Sangat tertutup, sangat ketus, sangat ga mau diganggu. Semua adalah tanpa alasan, dan melewati rute yang disajikan bisa dibilang akan menjawab pertanyaan yang mungkin muncul. Mungkin bukan menjadi rute yang akan disukai oleh banyak orang (atau mungkin ini hanyalah personal preference saja), tapi rute ini memuat banyak konflik yang harus dilewati sehingga cukup kompleks ketimbang berat. Ada beberapa titik di mana pengalaman bersama Aoi terasa tergesa-gesa atau tiba-tiba, tapi mungkin ini hanya saya sendiri yang kurang peka terhadap perasaan Aoi. T_T

Rute Aoi membawa hal yang lebih substansial terhadap cerita secara umum ketimbang cerita untuk Aoi sendiri. Cerita mengenai keluarga dari You yang secara langsung juga berhubungan dengan Chinami membuat rute Aoi tetap menjadi rute yang penting, karena menjadi prekondisi untuk rute Chinami.

Chinami ni....

Kogasaka Chinami

Adik dari You. Yeah, we know where this is going. Rute ini menyajikan pengalaman memiliki adik yang sangat-sangat-sangat periang dan sangat-sangat-sangat berisik. Mungkin bisa menjadi rute kesukaan mereka yang punya preferensi terhadap adik kecil yang bego.

Secara umum pengalaman di rute Chinami sangat underwhelming dari segi cerita antara protagonis dan heroine, tapi rute ini menyajikan cerita yang sangat substansial terhadap world building yang ada. Cerita yang lebih ke arah keluarga You dan bahkan "mekanik" dari dunia supernatural yang dibawakan oleh judul ini secara ekstensif dikupas dalam rute Chinami. Personally, adalah tempat/rute yang cukup aneh untuk tiba-tiba mengulas dan membahas secara mendekati lengkap untuk dunia supernatural yang ditawarkan.


Rute terakhir adalah true route, yakni tujuan utama dari premis yang sempat dibawakan di awal pembuka cerita. Keinginan You untuk bertemu dengan cinta masa kecilnya dan segala upaya yang telah You lewati demi mencari keberadaannya membuat rute ini bukan rute yang bisa dianggap ringan, apalagi remeh. Demi mencegah spoiler berat maka saya hanya akan mengatakan bahwa anda harus menyiapkan seluruh jiwa, raga, waktu, dan kesehatan batin yang cukup dan kuat saat anda memasuki rute ini.


Ulasan Teknis

VN ini dibuat dengan game engine buatan dari FAVORITE sendiri bernama FVP (Favorite View Point), dan mungkin akan terasa cukup sederhana apabila dibandingkan dengan engine lainnya. Banyaknya fitur-fitur yang memudahkan pengalaman bermain, seperti skip to choice, jump scene, dan beberapa fitur "eksotis" seperti flowchart (dari VN besutan Yuzusoft) tidak ada pada game ini. Cukup menyusahkan apabila ingin masuk ke rute yang lain karena harus memulai dari awal kembali untuk mengambil ulang pilihan-pilihan yang ada.

Namun di sisi lain, hal ini membuat anda sebagai pemain menjadi lebih fokus terhadap cerita karena kurangnya fitur-fitur tersebut bisa memberi pesan bahwa bukan bagian H yang menjadi daya tarik dari VN ini. Yah, bisa menjadi hal yang positif ataupun negatif tergantung pemain masing-masing.

Dari segi penulisan dan storytelling, saya memainkan versi bahasa Inggris dan secara umum translasi dituliskan dengan baik. Saya belum mencoba membandingkan dengan narasi penulisan di sumber aslinya yang berbahasa Jepang, sehingga saya tidak bisa menilai kualitas translasi, namun tentu saja masih jauh lebih mending apabila dibandingkan dengan kualitas MTL (machine translation). Saya pribadi sudah merasa cukup, secara saya tidak merasa ada grammar yang aneh ataupun penyusunan narasi yang memusingkan. Mungkin terlalu banyak monolog yang berasal dari You yang membuat saya cukup mengantuk di beberapa momen. Tapi setelah menamatkan seluruh rute yang ada, saya merasa puas dengan translasi dan penulisan yang disajikan. I'd give 4.5/5

Dari segi visual, banyak orang yang mengatakan bahwa judul ini juga bisa dikategorikan sebagai Moege, lantaran art style yang disajikan oleh Shida Kazuhiro sangat membawa kesan moe. Saya rasa seluruh hal yang berkaitan dengan sprite dan background sudah sangat cocok dan enak dipandang. CG yang disajikan juga sudah wallpaper worthy untuk beberapa. Tidak lupa pula SD (super deformed) CG-nya yang kadang sudah sampai pada tahap menaikkan gula darah.  5/5 lah

Dari segi audio, mungkin ini hal yang membuat saya betah memainkan judul ini adalah seberapa bagus BGM dan audio yang disajikan. BGM dirangkai dengan baik terhadap situasi-situasi yang ada dan tidak dapat dipungkiri sudah bekerja dengan baik dalam meningkatkan pengalaman dan mood yang ada. Belum lagi voice actor/actrees yang terlibat sudah memberi performa yang sangat memuaskan, benar-benar memberi nyawa terhadap judul ini sebagai visual novel.

Dari segi OP/ED, yang merupakan hal yang senantiasa menjadi fokus saya, opening song dengan utuh sudah sukses untuk membawa mood dari judul ini, dan ending song yang sangat memorable dan memberi kepuasan dan rasa lega setelah menyelesaikan rutenya. Dengan pengecualian untuk ending song true route yang membuat saya tetap mendapat emotional damage setiap kali mendengarkan, walaupun sudah setahun saya menamatkan judul ini. 10/5

Dari segi overall experience, saya rasa judul ini masih belum bisa masuk ke ranah kamige, namun sudah bisa menjadi salah satu judul rujukan untuk genre nakige-moege. Ada beberapa hal yang tidak dijelaskan dengan baik, dan posisi Mare rasanya masih belum memiliki posisi yang definit cukup mengurangi pengalaman secara umum. Beberapa hal yang dirasa kurang dan janggal dijelaskan melalui fandisc-nya sehingga masih belum bisa dicapai sepenuhnya dalam satu judul ini saja. Namun, seluruh pengalaman yang telah diberikan sudah bisa membuat judul ini sebagai salah satu judul yang membuat keseluruhan rute dirasa worth, dan tentu saja membuat durasi "Very Long" terasa terbayar. I'll give 8.5/10 for the overall enjoyment.

So...

Let's look up and gaze upon the sea of stars. And let's wish upon a shooting star.

← Kembali ke Artikel

Ayo join Genshiken Town Square!

Jangan sampe ketinggalan info terbaru dari Genshiken 😊