[Secuil Apresiasi] Lullaby For A Princess

by harukashiroyuki | Published 2 Juni 2023


Yak, dalam segmen "Secuil Apresiasi" kali ini, penulis ingin membawa satu karya masterpiece yang sudah dipastikan membekas bagi seluruh orang-orang yang pernah bergabung dalam fandom My Little Pony: Friendship is Magic (kedepannya akan disingkat menjadi FiM). Suatu animasi "singkat" namun "berdampak", mengisahkan cerita dari Princess Celestia dan Princess Lun__a sebelum FiM mulai. Cerita yang mengambil perspektif Princess Celesti__a, berisi penyesalan dan harapan yang penuh kasih sayang sebagai seorang kakak kepada adiknya.

Proyek animasi ini digarap oleh WarpOut dengan bantuan Simbaro dan cmaggots untuk background. Dengan total waktu lebih dari 2.5 tahun pengerjaan, animasi ini sudah selayaknya mendapat posisi kehormatan di Hall of Fame, apabila ada.

Yak, mari ulas sedikit saja apa yang berhasil membuat animasi ini membekas bagi penulis.

Tragedi dalam W__altz, Harapan dalam Lullaby

Secara garis besar, musik yang digunakan dapat dibagi menjadi dua bagian besar, dengan bagian pertama berfokus pada cerita dan lore dan bagian kedua yang berisi lullaby itu sendiri. Hal ini dapat dengan jelas dirasakan dengan bagian pertama disusun menggunakan birama 3/4 (waltz). Mulai dari nuansa dalam tangga nada minor hingga lirik yang memang penuh dengan rasa penyesalan. Sebuah tragedi yang memang bisa dihindari oleh Princess Celestia, namun tak terhindarkan oleh satu dan lain alasan.

Birama kemudian berganti menjadi 4/4, dengan progresi ke tangga nada major sembari membawa nuansa yang "penuh harapan". Mulai dari instrumen, vokal, bahkan animasi dieksekusi dengan indah, terlebih dengan shot 360 derajat mengitari Princess Celestia sembari dia membawakan lagu tidurnya.

"But aint' this a kids show?"

Premis yang dibawakan dalam FiM memang di-tone down untuk menghindari cerita yang berat, mengingat target pasar mereka memang hanyalah anak-anak perempuan. Hal ini secara langsung membuat banyak kesempatan untuk menginterpretasikan cerita dan menambah bumbu-bumbu tertentu. Sebuah tingkat kebebasan yang memang layaknya perlu untuk memberikan fandom kesempatan untuk mengembangkan fan content. Dan apabila menyinggung brony fandom, tingkat dedikasi yang dapat dicapai adalah bukan main.

Interpretasi lanjut dari cerita yang kerap disebut sebagai "Luna's Banishment" diceritakan ulang namun dengan nuansa yang lebih gelap. Cerita ini disirat di dalam lirik dari lagu Lullaby For A Princess, yang notabene sudah berumur 10 tahun (saat artikel ini ditulis). Honestly, walaupun ada banyak versi tulisan terhadap Luna's Banishment yang penulis pernah temui, dampak tertinggi masihlah dalam bentuk media animasi. Musik yang indah bertemu dengan animasi yang bukan main sudah selayaknya menjadi paduan tak terkalahkan untuk membawakan suatu cerita.

Dan ngomong-ngomong terkait musik dan animasi yang indah, ada satu lagi gem yang juga sudah berumur tua. Sayangnya sumber asal yang dirilis oleh DuoCartoonist sudah di-takedown dari Youtube (shame on you, Hasbro).

Sekian dari sesi "Secuil Apresiasi" kali ini.

Apakah ada konten yang membekas bagimu yang semua orang harus tahu?

← Kembali ke Artikel

Ayo join Genshiken Town Square!

Jangan sampe ketinggalan info terbaru dari Genshiken 😊